Selasa, 22 November 2011

proses yang mempengarusi pengambilan keputusan dlm organisasi

Resume Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan memiliki arti yaitu mencari jalan keluar dari sebuah masalah yang mungkin dapat  dilakukan agar dapat menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.
Dalam mengambil keputusanpun banyak cara yang digunakan, seperti salah satunya adalah  berdasarkan keputusan yang dibuat oleh level manajemen disuatu organisasi :
  1. 1.      Keputusan strategis :  jalan keluar permasalahan yang dibuat oleh manajemen tertinggi dr suatu organisasi.
  2. 2.      Keputusan taktis : jalan keluar yang dibuat oleh manajemen menengah
  3. 3.      Keputusan oprasional : jalan keluar yang diambil oleh manajemen tingkat bawah.

Setelah mengetahui arti dari manajemenpengambilan keputusan ,ada proses memperngaruhi pengambilan keputusan . Elemen-elemen yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan adalah orang yang berperan penting dalam sebuah organisasi ini sesuai dengan metode Authority Rule Without discussion dengan Expert Opinion, dimana orang yang dimaksud ini adalah pemimpin dari suatu organisasi atau orang yang memiliki wewenang dalam organisasi tersebut.  Lalu ada metode yang saling berkaitan, maksudnya adalah, metode pengambilan keputusan seperti Consensus dengan metode lainnya. Dan yang terakhir adalah  orang yang mengikuti di dalamnya , yang dimaksud bukan hanya anggota organisasi itu, bisa juga orang-orang yang berada di sekitar organisasi itu atau masyarakat sekitar yang pada saat itu hadir saat pengambilan keputusan.
Seperti masalah yang diambil yang berkaitan dengan permasalahan ini adalah  DPR ingin menaikkan tarif listrik sebesar 10%  tetapi ragu karena, keputusan untuk menaikkan tarif tersebut dibantah dari petinggi DPR dati fraksi suatu partai.

0 komentar:

Posting Komentar